Instrumen Kesiapan Belajar Mandiri


Mahasiswa UT belajar dengan menggunakan bahan ajar yang sudah dirancang untuk dapat dipelajari sendiri, dan secara fisik terpisah dari dosen maupun mahasiswa yang lain.

Meskipun disediakan layanan bantuan belajar yang berupa tutorial dalam berbagai modus, mahsiswa UT dituntut untuk mampu belajar secara mandiri. Artinya, mahasiswa harus dapat menentukan sendiri jadwal belajarnya (kapan harus belajar, bahan ajar mana yang harus dipelajari, berapa lama harus belajar), menentukan cara belajarnya sendiri, dapat mencari sumber belajar sendiri, serta dapat mengevaluasi sendiri kemajuan belajarnya melalui latihan maupun tes formatif yang disediakan, tanpa tergantung pada orang lain. Selain itu, mahasiswa UT juga dituntut untuk dapat mencari informasi yang dapat membantu kelancaran proses belajarnya.

Bagi para mahasiswa dan calon mahasiswa UT yang ingin mengetahui apakah Anda sudah mempunyai kesiapan belajar mandiri, yang merupakan syarat untuk dapat berhasil belajar di UT, silakan mengisi instrumen kesiapan belajar mandiri (IKBM) berikut.

Instrumen ini tidak dimaksudkan untuk mengukur kemandirian belajar Anda, tetapi untuk mengetahui sejauh mana Anda siap untuk belajar secara mandiri.

Berikut ini adalah Interpretasi skor IKBM yang dapat digunakan untuk menentukan kesiapan belajar mandiri Anda:

Tabel Interpretasi skor IKBM

Skor
Tingkat Kesiapan Belajar Mandiri
165-190
Tinggi
149-164
Di atas rata-rata
132-148
Rata-rata
116-132
Di bawah rata-rata
38-115
Rendah

 

Diadaptasi dari :" The learning preferences assessment" oleh L.M. Guglielmino & P. J. Guglielmino (1991, p.8)


Keterangan:

  • Orang dengan skor tinggi biasanya dapat menentukan sendiri kebutuhan belajarnya dan mampu bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan belajarnya. Mereka dapat menentukan berbagai pendekatan dan sumber untuk mencukupi kebutuhan belajarnya, dan dapat mengevaluasi kemajuan belajarnya sendiri.
  • Orang dengan skor rata-rata umumnya dapat belajar secara mandiri dengan sukses, tetapi mereka kurang senang bila harus bertanggung jawab secara penuh dalam menentukan kebutuhan, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi belajarnya sendiri.
  • Orang dengan skor di bawah rata-rata mungkin sukar mengenali kebutuhan belajarnya sendiri. Mereka lebih menyukai suasana belajar di kelas dimana guru menentukan apa yang harus dipelajari, kapan dan bagaimana harus mempelajarinya. Mereka umumnya tidak terbiasa belajar secara mandiri.


Selamat mengisi, dan selamat belajar.